kadinkesprovsumsel
Kepala Dinas Keaehatan Provinsi Sumsel, dr. H. Trisnawarman, M.Kes,SpKLLP, beserta Jajaran dan tim turun ke lokasi simpang lampu merah untuk sosialisasi edukasi kesehatan kepada masyarakat dalam pencegahan udara yang kurang baik akibat kabut asap kebakaran hutan serta pembagian masker kepada pengendara di titik persimpangan di simpang lampu merah sekitar kota palembang yaitu di Pasar km 3,5, Simpang Polda, Simpang Charitas, Pasar Lemabang, Bundaran air mancur masjid agung, Simpang empat kapt.arivai (DPRD) , Senin, 1 Oktober 2023.g

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Palembang, Dinkes Sumsel – Memantau informasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, diperoleh Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Kota Palembang Tanggal 1 Oktober 2023  berada pada angka 345 | PM 2.5 dengan kata lain kualitas udara berbahaya. Hal ini dikarenakam kabut asap yang menyelimuti  akibat kebakaran hutan dan lahan di beberapa titik wilayah Sumsel sehingga berdampak merugikan kesehatan dan perlu penanganan yang cepat.

Berdasarkan Surat Edaran dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan (Kadinkes Prov. Sumsel) Nomor 443.33/7960/IX/Kes/2023 Tentang Kewaspadaan dan Kesiapsiagaan Dampak Buruk Kabut Asap Terhadap Kesehatan maka Kadinkes Prov. Sumsel, dr. H. Trisnawarman,M.Kes, SpKLLP (Dokter Tris) menyampaikan dihimbauan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kota untuk melakukan langkah-langkah pencegahan dan pengendalian yang terdiri dari

Pertama, Mensosialisasikan dampak buruk dari kabut asap dan kekeringan akibat musim kemarau terhadap kesehatan terutama gangguan pada sistem pernapasan, sistem pencernaan dan Konjungtivitis pada masyarakat terutama pada kelompok risiko yang ranten terkena penyakit.

Kedua, melakukan rapat koordinasi lintas program dan lintas sektor terkait sebagai bentuk kesiapsiagaan dan penanggulangan dampak buruk kabut asap terhadap kesehatan.

Ketiga, Mendorong peningkatan kewaspadaan masyarakat dalam hal terdapat peringatan dini dari hasil pemantauan kualitas udara secara realtime yang dilaporkan secara resmi oleh pihak yang berwenang.

Keempat, Meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan pakai sabun, memperbanyak minum air putih serta menerapkan etika batuk ketika sakit.

Kelima, Sosialisasi untuk menggunakan masker terutama jika kondisi kabut asap sudah melampaui ambang batas secara terus menerus tanpa fluktuatif.

Keenam, Bagi Kabupaten/Kota yang terkena dampak kebakaran hutan dan lahan untuk menyiagakan fasilitas pelayanan kesehatan (Poskedes, Pustu, Puskesmas dan Rumah Sakit) untuk antisipasi masyarakat dan petugas yang membutuhkan layanan kesehatan.

Ketujuh, Bila terjadi peningkatan kasus ISPA, Pneumonia, Konjutivitis, Diare dan lain-lain untuk dilakukan surveilans kesehatan di daerah tersebut dan melakukan langkah-langkah pengendalian dengan cermat.

Kedelapan, Meningkatkan surveilans penyakit yang berhubungan lingkungan dan musim di tingkat Puskesmas dan Rumah Sakit serta penyediaan logistik yang cukup untuk upaya pencegahan dan pengendalian penyakit.

Kesembilan, Kabupaten Kota Provinsi Sumatera Selatan diharapkan untuk melaporkan kasus ISPA dan Pneumonia secara rutin sebagai bahan evaluasi.

Mentaati Surat Edaran poin kelima, Dinkes Prov. Sumsel melakukan sosialisasi dan pembagian masker kepada pengendara yang tidak mengenakan masker di simpang lampu merah sekitar kota palembang yaitu di Pasar km 3,5, Simpang Polda, Simpang Charitas, Pasar Lemabang, Bundaran air mancur masjid agung, Simpang empat Kapten A. Rivai (DPRD)

Kegiatan Pembagian Masker yang dipimpin langsung oleh Kadinkes Prov. Sumsel, de. H. Trisnawarman, M.Kes, SpKKLP dan Jajarannya dengan tujuan untuk memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat dalam pencegahan udara yang kurang baik akibat kabut asap kebakaran hutan.

Ikut turun memdampingi, Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Kepala Bidang(Kabid) P2P, Ferry Yanuar, SKM,M.Kes bersama Kasi Surveilans dan Imunisasj, Ns. Darsono, S.Kep, M.Kes, dan Tim. Kabid Kesehatan Masyarakat, Dedy Irawan, SKM,MKM, didampingi Kasi Kesehatan Lingkungan Kesehatan Kerja Olahraga, Tri Kaniyawati,SKM,M.Si. Staf Program Kesling, Septialita,SKM dan Tim. Bidang Sumber Daya Kesehatan yang turun di Lapangan Kasi Kefarmasian, Indra Gunawan, SKM, M.Si.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_images_carousel images=”17976,17978,17973,17968,17971,17969,17967,17965,17964,17960,17961,17956,17962,17957,17959,17953,17954,17955,17950,17948″ img_size=”medium” speed=”1500″ autoplay=”yes” wrap=”yes” title=”Edukasi Kesehatan Dan Bagi Masker”][/vc_column][/vc_row]