pembukaanpelatihanp2p
Pelatihan SDM Bagi Tenaga Kesehatan Dalam Upaya Berhenti Merokok Di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer dan Pelatihan Pengelolaan DM Tipe 2 Secara Komprehensif Bagi Dokter Di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr. H. Trisnawarman, M.Kes, SpKKLP (Dokter Tris) di Emilia Hotel Palembang, Senin, 9/10.

Palembang, Dinkes Sumsel – Pelatihan SDM Bagi Tenaga Kesehatan Dalam Upaya Berhenti Merokok Di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer dan Pelatihan Pengelolaan DM Tipe 2 Secara Komprehensif Bagi Dokter Di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP)
di buka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr. H. Trisnawarman, M.Kes, SpKKLP (Dokter Tris) di Emilia Hotel Palembang, Senin, 9/10.

Dokter Tris memotivasi peningkatan perceoata sasaran pembangunan di bidang kesehatan supaya segera tercapai. “dalam Rangka Upaya kita bersama untuk meningkatkan kapasitas SDM dan meningkatkan pengetahuan petugas kesehatan di FKTP dan percepatan pencapaian sasaran pembangunan di bidang kesehatan  untuk menghadapi ancaman masalah-masalah kesehatan, sehingga dapat memajukan masyarakat Sumatera Selatan yang sehat dan kuat, hal tersebut sesuai arahan Menteri Kesehatan RI pada Rakerkesnas 2023,  bahwa kita Harus melakukan Transformasi di bidang kesehatan” tuturnya.

“Penyakit Tidak Menular (PTM) Utama (kardiovaskular, Stroke, Kanker, Diabetes Melitus Dan Penyakit Kronik Obstruktif) Telah Mengalami Peningkatan Jumlah Kasus, Khususnya Di Negara Berkembang.. kondisi ini berdampak pada peningkatan angka kematian dan kecacatan akibat PTM, WHO Memperkirakan 0ada Tahun 2020 PTM akan menyebabkan 73% kematian dan 60% dari seluruh kesakitan di dunia..rokok bebagai salah satu faktor resiko penyebab Penyakit Tidak Menular” imbuhnya.

“Asap Rokok Sangat Membahayakan Kesehatan Si Perokok, Maupun Orang Lain Yang Ada Disekitarnya.  Merokok Dapat Menimbulkan Ketagihan Sehingga Orang Akan Susah Untuk Berhenti. Berhenti Merokok Bukan Hal Yang Mudah Dilakukan.. Untuk Mendapat Keberhasilan Diperlukan Motivasi Yang Kuat, Perencanaan Program Yang Jelas, Dan Dukungan Dari Masyarakat / Lingkungan..berhenti Merokok Sebaiknya Dilakukan Di Klinik Khusus Dengan Program Yang Jelas, Yang Terdiri Dari : Konseling, Pemberian Obat-obatan(penganti Nikotin Atau Anti Depresan), Dukungan Psikologis Untuk Mengubah Perilaku Merokok, Mengikut Sertakan Pendamping (keluarga Atau Teman Dekat) Agar Dapat Memberikan Dukungan Yang Berkesinambungan. Peningkatan Kapasitas Tenaga Kesehatan Bagi  Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer (puskesmas), Terutama Kab/kota Yang Sudah Mempunyai Perda KTR dengan tersedia klinik konseling berhenti merokok  di puskesmas kkan menurunkan angka Kesakitan akibat rokok” ungkapnya.

“Kegiatan Pelatihan Sumber Daya Manusia Bagi Tenaga Kesehatan Dalam Upaya Berhenti Merokok Di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer dan dapat meningkatan pengetahuan dan keterampilan petugas Kesehatan Di FKTP yang ada di Provinsi Sumatera Selatan Sehingga kedepan jumlah kecacatan dan kematian masyarakat yang terkena PTM dapat diminimalkan/diturunkan” Kata Dokter Tris.

Hadir mengisi kegiatan dari narasumber Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, narasumber Perhimpunan Dokter Paru (PDPI) Cabang Selatan narasumber dari Inspektorat Provinsi Sumatera Selatan, narasumber dari Bapelkes Prov. Sumsel