Dinkes Provinsi Sumsel gelar Apel pagi rutin, Senin, 6/11/23

Palembang, Dinkes Sumsel – Apel Pagi, Senin, 6 November 2023 di Halaman Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, oleh Pembina Apel, H. Fery Yanuar, SKM,M.Kes  menyampaikan Kasus Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) cenderung meningkat. “di rata-rata 50 sd 60 kasus  perbulan dikarenakan laporan bergejala seperti sakit tenggorokan , batuk , pilek sehingga dilaporkan ISPA semua.. untuk itu menggunakan masker jika berada di luar ruangan” tutur Fery. Kemudian kewaspadaan monkeypox yang meningkat cukup tinggi di Indonesia sebanyak 34 kasus untuk kelompok tertentu.

Lanjut ia katakan “di Indonesia, berisiko hubungan seksual, khususnya Lesbian Gay Biseksual dan Transgender (LGBT) di Kelompok Lelaki Suka Lelaki (LSL) dan beberapa dari heteroseksual” ujarnya. Agar rutin melakukan PHBS, memakai masker di luar ruangan serta edukasi rutin untuk pencegahan. “Proses pembuatan surat Edaran ke Kabuoaten Kota sedang dilaksanakan khusus kewaspadaan penularan terhadap  monkeypox.. hal ini dilakukan untuk antisipasi supaya tidak menjadi pandemi kedua karena pernah ditetapkan sebagai wabah di tahun 2022 yang kemudian sempat menurun  kemudian meningkat kembali” tutupnya.

Turut hadir Apel Sekretaris, H. Ferry Fahrizal, SKM,MKM, dan Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, dr. H. Icon Harizon, MKM. dan Peserta Apel dari Semua Bidang, Seksi.