Palembang, Dinkes Sumsel – Rabu, 29 November 2023 – Dalam acara pembukaan sosialisasi Keputusan Menteri Kesehatan No: HK.07.01/MENKES/2118/2023 tentang Standar Teknis Pemeriksaan Kesehatan Jemaah Haji Tahun 2024, dr H. Trisnawarman, M.Kes, SpKKLP Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, menyampaikan sambutan dan pengarahan kepada para peserta yang hadir melalui telekonferens dalam jaringan.

Dalam sambutannya, dr. Trisnawarman mengungkapkan rasa syukur atas kehadiran Allah SWT yang memberikan rahmat dan hidayah kepada seluruh masyarakat Muslim Indonesia yang menjalankan ibadah haji setiap tahunnya, dengan resiko kesehatan yang masih tinggi.

Beliau menekankan pentingnya pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji yang memenuhi syarat kesehatan, sejalan dengan amanat UU No. 8 tahun 2019. Dalam rangka meningkatkan kondisi kesehatan jemaah haji sebelum, selama, dan setelah keberangkatan, serta mencegah transmisi penyakit menular, Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan akan bersinergi dalam menerapkan skema pemeriksaan kesehatan.

Standar teknis pemeriksaan kesehatan untuk menetapkan Istita’ah Kesehatan Haji telah diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor: HK.07.01/MENKES/2118/2023. Pemeriksaan meliputi fisik, kognitif, mental, dan kemampuan melakukan aktivitas harian.

dr. Trisnawarman menyampaikan harapannya agar para peserta dapat mengaplikasikan pemahaman dari sosialisasi ini di wilayah kerja masing-masing. Acara sosialisasi ini diakhiri dengan membuka secara resmi Keputusan Menteri Kesehatan tersebut.