kipprumahintan
Inovasi Kesehatan mendominasi momen penting di Pertemuan Monitoring dan Evaluasi KIPP 2023, berlangsung di Ballroom Hotel Novotel, Palembang, Kamis, 7/12/2023. Pj. Gubernur Sumsel membuka acara yang dihadiri oleh 176 peserta dari berbagai Kabupaten/Kota Sumatera Selatan. Sekda Prov. Sumsel, Ir. SA Supriono, menyatakan pentingnya pembangunan kesehatan sebagai upaya bersama, dengan apresiasi khusus untuk inovasi Rumah Intan. Kepala Dinkes, dr. H. Trisnawarman, menekankan evaluasi program kesehatan dan penghargaan terhadap inovasi. Sekretaris Dinkes, H. Fery Fahrizal, mengumumkan pemenang Top 9 KIPP, termasuk inovasi Beras malaria, TB Paru, e-surat, Pekan Cinta Vantastis, Graha Queen, Seminung, Petik Semangko, Siap Jakor, dan Tiktokinaja, memperlihatkan keseriusan dan kreativitas dalam solusi kesehatan masyarakat.

Palembang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Selatan,  Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sukses menyelenggarakan Pertemuan Monitoring dan Evaluasi Program Prioritas Bidang Kesehatan Tahun 2023, yang juga turut menandai penganugerahan Top 9 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP). Acara tersebut dibuka langsung secara resmi oleh Pj. Gubernur Sunsel yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Prov. Sumsel, Ir. SA Supriono dihadiri oleh 176 peserta dari berbagai perwakilan Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan termasuk Direktur RSUD, RS Pratama, dan RS Dinkes yang dilangsungkan di Ballroom Hotel Novotel Palembang, Kamis, 7/12/2023.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, SA Supriono, menyampaikan Pembangunan kesehatan adalah upaya bersama untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang. “Saat ini, isu strategis nasional menitikberatkan pada peningkatan kesehatan ibu dan anak, percepatan perbaikan gizi, pemberantasan penyakit menular dan tidak menular, serta memperkuat ketahanan sistem kesehatan. Peran semua komponen bangsa dalam meningkatkan kesadaran hidup sehat. Rumah Inovasi Kesehatan (Rumah Intan) juga yang telah membentuk inovasi-inovasi khusus mendapat apresiasi dan penghargaan, diharapkan dapat mencapai tingkat nasional dan internasional”. Kata Supriono Dalam ringkas sambutannya.

Senada yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Selaku Ketua Penyelenggara acara, dr. H. Trisnawarman,M.Kes, SpKKLP (Dokter Tris)  mengatakan Pertemuan ini tidak hanya untuk mengevaluasi kinerja program prioritas nasional, tetapi juga untuk menghargai inovasi dalam pelayanan kesehatan. Pertemuan juga menyajikan Materi yang disampaikan mencakup evaluasi percepatan perbaikan gizi, peran POGI dalam menurunkan AKI AKB, evaluasi penerapan SPM Bidang Kesehatan, hingga progres usulan DAK Fisik dan Non Fisik. Kata Dokter Tris pada Laporannya.

Di momen kegiatan ini Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, H. Fery Fahrizal, SKM,MKM menyampaikan pemenang  Inovasi-inovasi luar biasa yang telah dihadirkan menerima Top 9 KIPP.  Seperti Beras malaria dari Puskesmas Tanjung Enim, Muara Enim, TB Paru (Jaka Teman Ginting dari Puskesmas Tanjung Enim, Muara Enim, e-surat dari Dinas Kesehatan Kabupaten OKI yang merupakan TOP 3. Pekan Cinta Vantastis dari Puskesmas Sekip Kota Palembang, Graha Queen dari Dinkes Kota Palembang dan Seminung dari Puskesmas Muara Dua dari Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan yang ketiga inovasi itu merupakan Top 6. Hingga inovasi Petik Semangko dari Puskesmas Sako Kota Palembang, Inovasi Siap Jakor dari Puskesmas L Sidoharjo Kabupaten Musi Rawas, Tiktokinaja dari Dinkes Kota Palembang. Hal ini menunjukkan keseriusan dan kreativitas dalam menyajikan solusi bagi kesehatan masyarakat.