Membuka Pertemuan Pembinaan GERMAS Tahun 2024 di Palembang, Dr. Trisnawarman Tekankan Kolaborasi Lintas Sektor untuk Wujudkan Gaya Hidup Sehat, Kamis, 22 Februari 2024
Palembang, 22 Februari 2024 – Dalam acara Pertemuan Pembinaan, Sosialisasi, dan Penggerakan Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Tahun 2023, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Dr. H. Trisnawarman, M.Kes, Sp.KKLP, Subsp.FOMC menyampaikan urgensi kolaborasi lintas sektor untuk mewujudkan gaya hidup sehat di Sumatera Selatan. Dalam sambutannya, dr. Trisnawarman menyoroti perubahan pola penyakit di Indonesia, khususnya meningkatnya penyakit tidak menular (PTM). “57 persen kematian di Indonesia disebabkan oleh PTM, seperti stroke, jantung, dan kanker,” ungkapnya.

Menyikapi hal tersebut, instansi pemerintah, swasta, perguruan tinggi, masyarakat, keluarga, dan individu di Sumatera Selatan diwajibkan melaksanakan GERMAS berdasarkan Peraturan Gubernur dan Surat Edaran Gubernur yang telah dikeluarkan.

Dalam pertemuan ini, turut hadir Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Imam Subroto,SKM,M.Kes.beserta tim programnya, yang turut mendukung peran penting lintas sektor dalam mendukung GERMAS dimana Hidup bersih dan sehat bukan hanya tanggung jawab sektor kesehatan, tapi seluruh sektor harus berkomitmen.

Pertemuan ini juga menjadi evaluasi terkait kegiatan GERMAS tahun sebelumnya dan identifikasi peran lintas sektor dalam program ini. dr. Trisnawarman berharap seluruh peserta dapat menjadi motor penggerak gaya hidup sehat, tidak hanya pada diri sendiri tapi juga di lingkungan sekitar hingga masyarakat luas.