kolaborasipusatotaknasional
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr. H. Trisnawarman, M.Kes, SpKKLP hadir dalam Kolaborasi Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Jakarta dan rumah sakit di Provinsi Sumatera Selatan: Bersama menuju layanan kesehatan yang optimal dan merata, fokus pada pemampuan Stroke untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, Hotel ALTS Palembang, Kamis, 30/11/2023.

Palembang, Dinkes Sumsel – Sebagai tanggapan terhadap kesenjangan dalam pelayanan kesehatan di Indonesia, Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON) Jakarta menginisiasi program pengampuan yang melibatkan kolaborasi antar rumah sakit. Dengan dasar hukum Undang-Undang RI Nomor 17 tahun 2023 tentang Kesehatan, program ini bertujuan mempercepat pemenuhan standar pelayanan di rumah sakit rujukan. Workshop Pengampuan Stroke Regional Sumsel dihadiri sekaligus memberikan sambutan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr. H. Trisnawarman,M.Kes,SpKKLP, (Dokter Tris) di Hotel ALTS Palembang, Kamis,30/11/2023.

Provinsi Sumatera Selatan, dengan 85 rumah sakit yang tersebar di 17 Kabupaten Kota, menjadi fokus utama program ini. Meskipun sebanyak 58 rumah sakit sudah terakreditasi, masih terdapat permasalahan terutama terkait distribusi sumber daya manusia, sarana prasarana, dan peralatan kesehatan yang tidak merata.

Disampaikan oleh Dokter Tris menggarisbawahi pentingnya kolaborasi ini, “Kami berharap program pengampuan dan kolaborasi antar rumah sakit dapat menjadi solusi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Provinsi Sumatera Selatan. Dengan fokus pada layanan Stroke, kami ingin memberikan standar pelayanan yang setara dengan Rumah Sakit Pusat Otak Nasional untuk mengurangi dampak buruk penyakit ini pada masyarakat daerah.”

Lanjut Kata Dokter Tris, Rumah Sakit PON Jakarta berharap dapat membina rumah sakit jejaring di Provinsi ini untuk menyelenggarakan layanan spesialistik dan subspesialistik secara komprehensif dan terpadu, khususnya dalam layanan Stroke..”Dengan demikian, diharapkan masyarakat di daerah mendapatkan standar pelayanan yang setara dengan Rumah Sakit Pusat Otak Nasional” katanya.

Sebagaimana difahami Program ini menjadi langkah strategis untuk mengurangi kematian dan kecacatan akibat penyakit Stroke di Provinsi Sumatera Selatan. Melalui kolaborasi antar rumah sakit dan upaya pemenuhan standar pelayanan, diharapkan pelayanan kesehatan dapat optimal dan merata, menjawab tantangan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.